Konsultan Digital Marketing? atau Digital Marketing Agency?

Fri, 09 Nov 2018 | andi | Sharing

Konsultan Digital Marketing? atau Digital Marketing Agency?

Pernah dengar  yang namanya konsultan digital marketing ? Sebenarnya konsep kerja mereka hampir sama dengan digital agensi, hanya saja dengan munculnya konsultan sangat membantu penghematan dalam sisi anggaran. Why? and Why?  Kehadiran mereka sangat membantu dari sisi klien baik dari waktu, efisiensi, perencanaan, dan anggaran.

Konsep kerja sih hampir sama. Hanya saja yang membedakan Konsultan, bidang kerja mereka membantu membuatkan strategi, perencanaan anggaran, mencari sumber daya manusianya, mengawasi implementasinya dan juga bisa mengimplementasikan jika dibutuhkan, bahkan bisa menasihati klien apa yang terbaik buat klien, dengan kata lain konsultan adalah "Sang Arsitek". Sedangkan digital agensi hanya menerima order dan menjalankan perintah klien, dengan kata lain digital agensi sama saja seperti freelancer atau "Si Eksekutor".

Apakah Gunanya Konsultan Digital Marketing?

Saat ini para pengusaha kecil dan menengah  harus siap untuk datangnya badai perekonomian global. Dimana para raksasa bisnis akan saling berebut singasana dan, pengusaha kecil hanya mendapat jatah dari sisa remah roti para pengusaha besar. Apakah hal ini membuat Anda khawatir?

Konsultan hadir untuk membantu dan berjuang bersama klien untuk mengatasi kekhawatiran tersebut. Dengan memperhatikan kondisi para pengusaha UMKM maupun brand besar, konsultan mempunyai tujuan utama yakni meningkatkan perkembangan bisnis klien.

Tidak hanya itu. fungsi konsultan yang paling utama adalah menjaga dan mengawal sebuah perusahaan atau bisnis agar tidak kacau karena ketatnya persaingan industri digital ataupun tertipu oleh janji-janji manis dari para digital agensi. Sehingga baik dari sisi pemahaman maupun pendampingan akan terus dilakukan oleh konsultan. Biasanya strategi yang dibuat oleh konsultan merupakan strategi yang unik untuk setiap bisnis klien, karena cara memasarkan setiap produk atau servis selalu berbeda cara penanganannya.

Perbedaan Servis Digital Agensi dan Konsultan Digital Marketing

Untuk sebuah contoh, dalam periklanan digital, Seorang pengusaha bengkel mobil, apakah membutuhkan iklan yang muncul di email? Jika Anda bertanya kepada agency tentu akan dijawab IYA. Tetapi konsultan akan menjawab TIDAK. Karena pada dasarnya konsultan mampu melakukan pemetaan periklanan yang sangat cocok yang untuk dilakukan. Konsultani akan memperhitungkan kelayakan bisnis para pelaku usaha dan menganggarkan supaya biaya yang dibutuhkan tidak berlebih.

Dengan adanya penghematan biaya serta pendampingan dan pelatihan yang dilakukan oleh konsultan, akan membuahkan dan membesarkan para pelaku bisnis di Indonesia untuk siap bertarung dengan perusahaan lokal yang besar maupun raksasa bisnis dari luar negeri. Jadi merasa bisnis kurang berkembang ? khawatir akan persaingan bisnis?

Jangan pernah takut untuk memulai. Jangan pernah berpikir persaingan itu akan membuat bisnis anda tidak bisa berkembangSang konsultanlah yang akan berpikir semua hal itu untuk anda.

Kenapa Memilih Jasa Konsultan Digital Marketing?

Apakah sudah saatnya Anda membutuhkan konsultan? Yang bisa menjawab itu hanyalah Anda sendiri, seperti Anda ingin membangun rumah atau ingin membuat baju, apakah Anda membutuhkan seorang Arsitek atau seorang desainer? Atau Anda merasa cukup dengan menyewa jasa tukang bangunan atau tukang jahitnya?